Rabu, 31 Maret 2010

Mind share, Market share dan Commitment share.

Top Brand adalah merek yang dirumuskan oleh Frontier Consulting Group berdasarkan mind share, market share dan commitment share.
1.Apa itu Mind Share?
Mind share merupakan salah satu tujuan utama dari iklan dan promosi . Ketika orang berpikir contoh dari jenis produk atau kategori, mereka biasanya berpikir tentang sejumlah nama merek. Pemasar berusaha untuk memaksimalkan popularitas produk mereka, sehingga merek exist dengan lebih dalam. Aqua misalnya, produk ini telah menjadi produk yang sukses menjadikan produk mereka sebagai mind share masyrakat tentang air mineral. Ketika masyarakat ditanya mengenai produk ai minum mineral mereka pasti menyebutkan merek AQUA sebagai merek yang pertama kali mereka ucapkan. Bahkan AQUA telah menjadi produk yang sukses bersaing dengan pesaing yang sama-sama memproduksi minuman mineral. Contoh lainnya adalah istilah " Googling ", yang berarti menggambarkan tindakan pencarian online , berasal dari pencarian internet mesin Google , namun karena Google tetap populer sebagai mesin pencari paling populer di dunia maka tetap akan terlihat jika istilah itu merujuk untuk semua pencarian.
2. Apa itu Market Share?
Market Share adalah bagian atau persentase penjualan suatu produk atau jasa tertentu dalam suatu wilayah yang dikendalikan oleh suatu perusahaan. Sebagai contoh Market Share untuk Web Browser dipegang oleh Internet Explorer milik Microsoft. Perusahaan Microsoft memang mengendalikan Market Share barang-barang elektronik khususnya komputer. Market share ini dari tahun ke tahun selalu dimenangkan oleh perusahaan Microsoft. Berikut adalah datanya :Februari, 2010 :
Terlihat dalam diagram di atas bahwa Browser Internet Explorer Milik perusahaan Microsoft menguasai Market Share hampir setengahnya dan mendominasi dibanding dengan Browser lainnya.3. Apa itu Commitmen Share?
Commitment share menjelaskan kekuatan merek dalam mendorong konsumen untuk membeli merek terkait di masa mendatang. Sebagai contoh pada tahun 2009 Indosat meraih Top Brand Award 2009 untuk tiga produk selulernya yaitu kategori Simcard GSM Paska Bayar untuk Matrix dan kategori Simcard GSM Prabayar untuk Mentari dan IM3. Penghargaan diberikan oleh Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing. Top Brand Award yang diselenggarakan oleh Frontier Consulting Group dan majalah Marketing, adalah sebuah penghargaan prestisius yang diberikan kepada merek-merek yang berhasil meraih posisi puncak sebagai merek yang paling mendapat tempat di hati konsumen. Top Brand Award merupakan hasil survei berskala nasional yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group bekerjasama dengan majalah Marketing. Survei ini dilakukan di 6 kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makasar). Top Brand ditentukan berdasarkan indikator kekuatan merek yang diberi nama Top Brand Index (TBI) dengan melibatkan sebanyak 3.000 responden per kategori dari berbagai lapisan usia dengan tingkat SESE (pengeluaran rata-rata lebih dari Rp. 750 ribu perbulan) hingga SESA (pengeluaran rata-trata lebih dari Rp. 3,5 juta per bulan) di berbagai kota. Top Brand Index diformulasikan berdasarkan tiga variable, yaitu Mind Share, Market Share, dan Commitment Share. Indosat berhasil menguasai tiga variable tersebut sehingga dinobatkan menjadi TOP BRAND di tahun 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar